Kamis, 26 Desember 2013

Wisata Sejarah Ke Makam Syekh Djamaludin


            Syekh Djamaludin adalah salah satu penyebar Agama Islam terkemuka di Banten. Beliau juga merupakan tokoh ulama besar ke 24 yang memiliki wawasan keagamaan dan ilmu pemerintahan yang tinggi. Makam Syekh Dajamludin terletak diatas bukit yang lokasinya tak jauh dari dermaga tiga pelabuhan Merak.
Suasana Didalam Makam Syekh Djamaludin
            Makam Sykeh Djamaludin ialah salah satu makam yang dijadikan tempat wisata sejarah dan religi. Bisa menjadi wisata sejarah dan religi karena mendapat dukungan baik moril dan materil dari masyarakat sekitar, pemerintah Kota Cilegon dan perusahaan-perusahaan yang berada di sekitar Merak.
Jika kita melihat sejarah Syekh Djamaludin termasuk dari cucu Syekh Maulana Malik Isroil, salah satu dewan wali empat yang membentuk wali songo. Pada masanya Syekh Djamaludin memiliki peran penting dalam melakukan perlawanan terhadap penjajahan Portugis, khusunya di perairan Selat Sunda.
Syekh Djamaludin diyakini sebagai pembuat pelabuhan Merak oleh masyarakat sekitar. Oleh sebab itulah mengapa makamnya sangat dirawat dan dilestarikan. Makam Syekh Djamaludin akan penuh dikunjungi oleh peziarah saat hari-hari besar keagamaan seperti mauid nabi dan lain-lain.

@IchsanAdil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar