Kamis, 26 Desember 2013

Si “Merah” dari Tanah Jawara


Banten dikenal sebagai tempat wisata religi yang telah melegenda. Mulai dari hikayat sumur tujuh di ketinggian gunung Karang hingga situs Banten Lama yang termasyur. Namun siapa sangka, provinsi yang umum disebut tanah jawara ini juga menyimpan kekayaan kuliner yang khas.
Nasi Sumsum


Nama nasi sumsum mungkin tidak seterkenal empek-empek Palembang, sate Padang atau bika Ambon, yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi sebagai kuliner khas tanah jawara, nasi sumsum akan melengkapi pengalaman wisata kuliner anda jika berkunjung ke wilayah paling barat Pulau Jawa ini. Beberapa rumah makan dan warung di Kota Serang, Banten menyajikan kuliner ini sebagai menu andalan, khususnya sebagai sajian santap malam.
Nasi sumsum konon sudah ada sejak zaman Belanda, tahun 1940-an tepatnya. Salah satu penjual nasi sumsum di Pasar Lama, Serang, Deva (28) membenarkan hal tersebut. “Dulunya ini usaha nenek buyut saya, sudah sejak tahun 40-an lah,” ujar Deva.
Nasi sumsum adalah nasi yang dicampur dengan sumsum sapi atau kerbau, ditambah dengan bumbu rempah-rempah, dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas bara api. Campuran rempah-rempah dan nasi menghasilkan warna semburat kemerahan. Plus bonus aroma memikat yang timbul dari daun pisang yang dibakar, tidak heran jika nasi sumsum menjadi primadona kuliner di wilayah Banten. 
Nasi Sumsum
Deva menambahkan, setiap malam warungnya mampu menjual minimal 300 bungkus nasi sumsum. “Kalo lagi sepi 300 bungkus. Kalo lagi rame ya lebih,” kata Deva. Selain menjajakan nasi sumsum, warung kaki lima tersebut juga menyediakan aneka kudapan, diantaranya sate bandeng, sate daging kerbau, sate lidah kerbau dan otak-otak. Sementara untuk nasi sumsum, disediakan tiga pilihan, yaitu nasi sumsum biasa, nasi sumsum spesial dan nasi sumsum sosis keju. Satu porsi nasi sumsum biasa, dibanderol seharga Rp 10.000,-, nasi sumsum spesial Rp 15.000,- dan nasi sumsum sosis keju Rp 18.000,-.

Reni Lestari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar