Kamis, 26 Desember 2013

Wisata Religi Ke Gunung Santri


            Banten terkenal dengan paham religinya yang tinggi. Debus adalah salah satu produknya yang masih dilestarikan sampai sekarang. Membicarakan Banten kayaknya kurang lengkap tanpa membicarakan wisata religi apa saja yang ada disana.
            Kalalu anda berkunjung ke Kota Cilegon, tempat wisata religi yang saya rekomendasikan untuk anda adalah gunung santri. Gunug santri terletak kurang lebih tujuh kilometer dari Kota Cilegon. Memang secara geografis gunung santri berada di Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Seang. Namun gunung santri sudah dianggap tempat wisata religi Kota Cilegon, mengingat letaknya yang lebih dekat dengan Kota Cilegon ketimbang Kabupaten Serang.
Trayek Atau Lokasi Berjalan Kakinya Pengunjung Untuk Kepuncak Gunung Santri


            Gunung santri memiliki banyak daya tarik terhadap wisatawan maupun warga sekitar. Di puncak gunung ini terdapat makam Sykeh Muhammad Sholeh. Jarak tempuh ke puncak dari kaki bukit berjarak 500 meter, dan hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki. Di kaki bukit sebelah utara Kampung Beji terdapat masjid kuno yang seumuran dengan masjid Banten Lama, Masjid Beji biasa orang mengenalnya. Perlu diketahui ada enam perkampungan di sekitar kaki bukit gunung santri, diantaranya Kampung Kejangkung, Lumajang, Ciranggon, Beji, Gunung Santri dan Kampung Pangsoran.
Makan Syekh Muhammad Sholeh Yang Merupakan Magnet Khusus Bagi Pengunjug Gunug Santri

           Syekh Muhammad Sholeh merupakan salah satu sosok penyebar Agama Islam terkemuka di Banten. Sykeh Muhammad Sholeh merupakan anak dari Syarif Hidayadullah. Syarif memiliki kedekatan dengan Sultan Hasanudin yang pada saat itu memimpin Banten. Karena kedekatan diantar keduaanya, Syekh Muhammad Sholeh diangkat menjadi pengawal dari Sultan Hasanudin. Semenjak menjadi pengawal Sultan Hasanudin lah Syekh Muhammad Sholeh menjadi penyebar Agama Islam yang gigih di Pantai Utara Banten yang salah satu daerahnya sekarang lebih dikenal dengan sebutan gunung satri. Syekh Muhammad Sholeh wafat pada umur 76 tahun, dan sebelum wafat beliau memberikan amanat jika kelak meninngal ia meminta dimakamkan di gunung santri. Jadi inilah mengapa Syekh Muhammad Sholeh dimakamkan di gunung santri, dan mengapa gunung satri pun ramai dikunjungi oleh pengunjung karena adanya Syekh Muhammad Sholeh ini.
            So jangan lupa berkunjung ke gunung santri yaa.

@IchsanAdil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar