Kamis, 26 Desember 2013

Gurihnya Laksa Tangerang


TANGERANG – Laksa adalah makanan berjenis mie yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Nama Laksa diambil dari bahasa Sanskerta yang mempunyai arti banyak, menunjukkan bahwa mi Laksa dibuat dengan berbagai bumbu.
Laksa, makanan legendaris dari Kota Tangerang ini memiliki cita rasa gurih dan sangat nikmat disantap dengan daging ayam maupun telur. Penjual laksa Tangerang ini dapat ditemui di sepanjang jalan Jl. Moh. Yamin atau yang biasa dikenal dengan kawasan LP Wanita Dewasa, kota Tangerang.
Laksa Tangerang


Laksa biasanya dinikmati untuk sarapan dan dapat dijumpai di pusat-pusat keramaian seperti pasar. Meski demikian, pedagang laksa di Jalan Moh. Yamin, Tangerang justru membuka dagangannya sejak pagi pukul 09.00 WIB hingga petang pukul 19.00 WIB.
Seporsi laksa dibanderol dengan harga Rp 12.000 jika menggunakan ayam dan Rp 8.000 dengan telur sebagai teman menikmati laksa Tangerang ini. Terdapat 7 – 10 penjual laksa Tangerang yang disediakan area bernama “Kawasan Kuliner Laksa Tangerang” oleh pemerintah kota Tangerang. Pada awalnya banyak pedagang laksa yang menjual dengan cara kaki lima, namun sejak 2011 silam Pemerintah Kota secara serius membenahi suasana jalan Moh. Yamin dan para penjual laksa ini menjadi korban dari proyek pembenahan pemkot tersebut, tetapi pemkot sepertinya tidak ingin laksa yang sudah ikon makanan khas Kota Tangerang ini hilang dan akhirnya pemkot membuatkan area kuliner laksa tersebut dengan suasana yang lebih nyaman.
Laksa Tangerang lebih sederhana soal isi, cukup dengan mie putih yang terbuat dari tepung beras dan berukuran sedikit besar kemudian disiram dengan kuah sayur yang menggunakan kacang hijau, sepotong ayam atau telur, dan juga taburan daun kucai. Warna kuahnya tidak terlalu kuning seperti laksa Cibinong ataupun Betawi.
Salah satu keunikan laksa Tangerang ini adalah dari rasa ayamnya. Ayam pada laksa Tangerang berbau sengit seolah gosong terbakar. Tapi, justru aroma sengit itu membuat kelezatan laksa Tangerang semakin nyata.
Apabila anda berkunjung ke Kota Tangerang, tak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk menikmati gurihnya laksa Tangerang yang memiliki cita rasa agak sedikit berbeda dari laksa Betawi.


@Sapto_Andrianto

1 komentar:

  1. Casino Guru - The Dog House - Goyang County
    This organization 스포츠 배팅 is not affiliated 아르고 캡쳐 with nor is it endorsed by any professional or collegiate league, association slot 뜻 or organization, association esport or association with any of 세븐포커족보

    BalasHapus